image

Grafologi merupakan ilmu yang mengklaim bisa membaca kepribadian seseorang lewat tulisan tangan. Di masa  sekarang, banyak pihak yang memanfaatkan ilmu ini untuk tujuan-tujuan tertentu, misalnya saja perusahaan yang sedang mengadakan perekrutan karyawan. Tapi kita tidak perlu menjadi ahli untuk bisa melakukan ‘analisis’ kecil-kecilan sendiri.

Memang masih banyak kontroversi mengenai grafologi, karena belum ada bukti-bukti akurat yang menunjukkan keabsahan ilmu ini. Meski belum terbukti secara ilmiah, tidak ada salahnya mempelajari ilmu ini. Menebak-nebak kepribadian memang seru untuk dilakukan.
Namun sekali lagi, jangan jadikan grafologi sebagai panduan utama dalam menebak kepribadian seseorang, karena masih banyak instrumen dan alat psikologi lain yang lebih ilmiah. Hal iseng dan seru-seruan lainnya.

1. Perhatikan ukuran tulisan tanganmu. Jika hurufnya kecil-kecil, kemungkinan kamu adalah pribadi yang lebih suka menyendiri daripada diperhatikan sekeliling.
Menurut grafologi, tulisan yang kecil-kecil artinya kamu adalah orang yang suka menyendiri, dan cenderung pendiam. Dan jika tulisanmu sangat rapi dan mudah dibaca, kemungkinan kamu adalah orang yang rajin, pandai, dan memiliki pemikiran yang cemerlang.

2. Tulisan yang besar-besar menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang sangat aktif dan suka mencari perhatian di depan banyak orang.
Banyak tingkah, pecicilan, dan suka pergi kemana-mana mungkin menjadi salah satu kebiasaanmu. Namun jika tulisanmu terlampau besar, biasanya kamu amat gemar bercerita dan selalu ingin menjadi pusat perhatian. Maka tak heran jika apa yang kamu ceritakan seringkali ditambahi bumbu ini-itu agar terkesan menarik bagi orang yang mendengarnya. Tak heran bahwa kamu adalah seseorang yang gemar sekali bergosip.

3. Coba amati kemiringan huruf-hurufmu juga. Jika mereka miring ke kanan, kamu adalah pribadi yang suka bergaul dan sangat aktif.
Mungkin istilah yang lebih dikenal, kamu adalah pribadi yang ekstrovert. Kamu punya segudang kesibukan, mudah bergaul, dan memiliki banyak teman. Kamu juga suka sekali dengan tantangan-tantangan baru yang datang. Apabila ada sesuatu yang tak kamu mengerti, kamu bahkan tak ragu menanyakan kepada yang lebih ahli.

4. Tulisan yang miring ke kiri menunjukkan bahwa kamu tak terlalu suka keluar rumah, dan pandai menyimpan emosi dan perasaan-perasaanmu.
Atau dengan kata lain, kamu adalah orang yang lebih introvert daripada ekstrovert. Terkadang kamu memandang sesuatu menurut pengalaman-pengalamanmu. Kamu juga termasuk orang yang konservatif. Jangan marah ya kalo dibilang bahwa kamu adalah pribadi yang mungkin bersifat individualis.

5. Apabila kamu mendapati tulisanmu miring ke atas, mungkin kamu adalah orang yang optimis.
Ambillah selembar kertas kosong tanpa garis. Jika kamu mendapati tulisanmu miring ke atas, bisa jadi kamu adalah orang yang optimis. Sebaliknya, jika tulisanmu miring ke bawah, itu artinya kamu sedang capek maupun sedih gara-gara sesuatu hal, entah disadari atau tidak.

6. Kamu yang memiliki tulisan tegak lurus artinya adalah pribadi yang netral, punya pendirian kuat, dan lebih suka mengandalkan diri sendiri.
Kamu juga merupakan pribadi yang cukup sulit diatur. Kamu lebih menyukai kebiasaan, dan kamu beranggapan bahwa dirimu adalah milikmu sendiri. Sehingga tak jarang kamu tak menyukai segala sesuatu yang serba teratur.

7. Beberapa di antara kamu mungkin memiliki tulisan tangan yang miring ke segala arah. Ini menyiratkan perasaanmu yang masih berubah-ubah.
Atau bisa juga dibilang kamu adalah pribadi yang masih labil. Masih sering bertindak menurut kehendak sendiri, dan biasanya para remaja cenderung memiliki bentuk tulisan seperti ini, karena kamu belum tahu kemana langkah dan tujuan hidupmu.

8. Jika kamu menulis terbuka huruf yang seharusnya tertutup—seperti a, q, o, d, g, b, p —itu artinya kamu adalah pribadi yang memiliki pikiran terbuka.
Kamu hampir bisa dapat menerima segala hal baru. Mungkin hal ini disimbolkan dengan kepala yang terbuka, sehingga kamu amat sangat toleran dengan masalah-masalah yang timbul, dan kamu juga bisa melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang.

9. Mungkin kamu nggak memberi titik pada huruf i, j, dan tak mencoret huruf t. Kalau begini, menurut grafologi kamu adalah orang yang kreatif.
Orang lain yang membaca tulisanmu mungkin akan bingung, karena tak dapat membedakan mana huruf l, t dan huruf i karena sama-sama tak memiliki titik maupun garis pada huruf t. Jika memang demikian, bisa jadi kamu adalah pribadi yang kreatif.

10. Ketika menulis catatan, mungkin kamu akan mendapati tulisanmu sempit dan dempet-dempet. Artinya kamu suka berkumpul dengan banyak orang
Tulisan yang dempet juga berarti kamu memiliki pandangan ekonomis, dan memiliki pandangan sempit terhadap berbagai masalah, sehingga tak jarang kamu melihat permasalahan dari sudut pandangmu sendiri dan seringkali menyalahkan orang lain serta keadaan. Tulisan yang dempet-dempet juga dapat berarti bahwa kamu adalah pribadi yang suka berkumpul dengan banyak orang.