By : Schandeliere Syailendra

 

Setiap orang pasti punya lagu yang berkesan dong? Di handphone saya, saya punya beberapa playlist dengan lagu-lagu yang saya urutkan sesuai tema. Kali ini, saya mau bagi playlist pembangkit semangat. Ini adalah playlist yang saya putar waktu sya lagi down atau lagi bad mood. Naik motor, dengar lagu ini, dijamin bisa naikin semangat deh. 

SIlahkan dilihat. Cari lagunya, dengarkan musiknya, baca liriknya, dan rasakanlah mood boost yang cukup besar.

S’il vous plait.

 

1. Into the New World (Girls Generation)

1 Into the New World

Lagu pertama dalam daftar ini. Lagu ini selalu sukses membuat mata saya minimal panas dan pedas, entah kenapa. Ada dorongan kekuatan tidak terlihat yang selalu membuat saya terharu akan kesadaran bahwa saya jauh lebih beruntung dari yang lain, kalau saya bisa bangkit dari rasa terpuruk dan sedih tak berujung ini ini.

Pesona sembilan gadis cantik — sayangnya sisa delapan sekarang — saat menyanyikan lagu ini juga tidak dapat diremehkan. Lagu ini selain lagu debut mereka tujuh tahun lalu juga merupakan pengejawantahan perjuangan mereka selama ini. Mereka saat itu hanya sekedar girlband baru, bukan apa-apa seperti sekarang. Di lagu ini mereka bertekad bahwa mereka akan terus maju, apapun yang terjadi, untuk menjadi grup wanita yang sukses dan terkenal. Tidak ada kata mudah dalam perjalanan karir mereka, mereka harus bersusah payah berlatih dalam jadwal SM Entertainment yang beratnya minta ampun itu, tidur hanya 4 jam sehari, diet ketat untuk membentuk tubuh, dan serombongan hal susah lainnya. Mereka bahkan pernah terkena black ocean, istilah untuk dipadamkannya light stick pada saat menonton konser seorang artis. Black ocean adalah kutukan, tanda bahwa betapa artis yang sedang tampil itu sangat tidak disukai dan direndahkan. Diejek, dihina sebagai grup plastik sudah kenyang mereka rasakan. Tujuh tahun telah berlalu, kini mereka merupakan national girlband di Korea, rekor yang dipegang selama lima tahun berturut-turut sampai tahun ini. Bagi Girls Generation, ini adalah anthem mereka, bahwa mereka akan terus maju apapun yang akan terjadi. Bagi yang lain, ini adalah pengakuan bahwa mereka memang lebih dari layak untuk berada di tempat mereka sekarang, termasuk dari saya. 

Bagian paling berkesan :

Sumanheun alsuemneun gilsoge huimihan bicheul nan jjochaga.

(Walking the many and unknowable paths, I follow a dim light.)

Eonjikkajina neo hamkkehaneungeoya dasi mannan naul segye.

(It’s something we’ll do together in the end, into the new world.)

 

2. Don’t Stop Believing (Glee Cast)

2 Don t Stop Believing

Jujur saya bukan penggemar lagu lawas, mau dalam maupun luar negeri. Thanks to Glee yang sudah mendaur ulang lagu ini, saya jadi tahu kalau ada lagu sedahsyat ini di zaman dulu. Tapi, tetap aja, saya lebih suka versi ini daripada versi Journey. Hehehehe.

Bercerita tentang mimpi gadis dan pemuda yang hijrah dari desa ke kota, lagu ini menyerukan seruan bagi kita untuk tidak berhenti percaya pada diri kita sendiri, untuk terus berpegang pada mimpi-mimpi kita. Lagu yang cocok buat yang berniat hijrah ke Jakarta untuk mencoba peruntungan jadi artis. Tapi lebih dari itu lagu ini berteriak pada kita untuk terus percaya pada mimpi, karena dari mimpi itulah kita akan terus mendapatkan kekuatan untuk terus berjuang sampai apa yang kita inginkan tercapai

Bagian paling berkesan :

Don’t stop believing, hold on to your feeling.

 

3. River (JKT48)

3 River

Merinding! Itu yang pertama kali saya rasakan saat mendengar lagu ini. Dari ketukan pertama, rasanya kita sudah ditampar, diteriaki bahwa kita tidak boleh ragu menyeberangi sungai, metafora kesulitan dan kesusahan yang mendera dalam hidup. Setiap orang punya sungai masing-masing yang harus dilewati. Jatuh boleh, menangis boleh, bahkan terkadang tenggelam pun tak apa, tapi pantang untuk berhenti sampai ke tepian di seberang sana. 

Lagu ini merupakan genderang perang yang ditabuh, yang mengajak berantem siapapun yang berani mengejek JKT48. Dulu, pada saat JKT48 baru dibentuk dan belum terkenal seperti sekarang, sister group dari keluarga 48 di Jepang ini amat sangat dicibir oleh para fans berat grup besutan Akimoto-san itu. Belum juga dibentuk tapi sudah ditanggapi miring oleh para fans dari Jepang sana, yang berkata bahwa grup kodian ini tidak akan berhasil. Mulut boleh nyinyir dan berseru boo, tapi apa yang terjadi? Saat JKT48 menyambangi Jepang dan mementaskan lagu ini, semua bungkam. Tarian yang keras dan mantap, tatapan mata yang tajam cukup menandakan mereka siap ‘bertarung’ sampai mati untuk menunjukkan bahwa JKT48 bukan grup ecek-ecek. Sukses, mereka langsung diakui keberadaannya dalam semalam. Hal itu tidak lantas membuat para member menjadi sombong. Dengan rendah hati mereka tersenyum, bahwa mereka akan terus berlatih supaya mereka akan lebih hebat lagi.

Hontou ni sugee da!

Bagian paling berkesan :

Jangan alasan untuk diri sendiri, jika tak dicoba takkan tahu.

Tiada jalan selain maju, teruslah melangkah di jalan yang kau pilih.

 

4. Empire State of Mind Part 2 (Alicia Keys)  

4 Empire State of Mind Part 2

Siapa sih yang ngga pengen ke New York? Saya aja pengen, hehehe…. Tapi jangan dikira hidup di New York itu gampang. Di world capital itu semua bangsa ada. New York adalah miniatur dunia dan itu berarti hidup di jalanan New York tidak gampang. Kesenjangan sosial yang besar dan kriminalitas yang cukup tinggi membuat New York menjadi salah satu kota yang paling rawan di dunia. Namun, tetap saja, kota ini bagaikan gula yang memikat semut untuk datang ke kota apel besar itu.

Di lagu sini, Mbak Keys dengan suaranya yang cantik seperti peri mengisahkan tentang usaha para New Yorkers yang gigih menyambung hidup. Berbeda dengan versi yang dinyanyikannya dengan Jay Z, di mana musiknya menghentak dan kuat, versi solo Alicia ini lebih lembut dan mendayu namun tidak kalah kuat. Mendengarkan lagu ini seperti berjalan-jalan di depan Broadway atau berdiri di tengah Times Square yang sebenarnya. Pengen….

Bagian paling berkesan :

If I can make it here I could make it anywhere, that’s what they say.

 

5. Remembering You (Stephen Curtis Chapman)

5 Remembering You

Siapa yang belum pernah nonton film Narnia? Yang jelas lebih banyak yang sudah nonton daripada baca bukunya. Filmnya memang indah, tapi baca bukunya lebih detil. Khas kutu buku, saya lebih milih dua-duanya (lho?).

Menceritakan tentang semangat yang timbul setelah bertemu dengan seseorang, lagu ini  menggambarkan bahwa perjumpaan dengan seseorang itu begitu membekas dan dari sana dia mempeoleh cahaya keberanian untuk terus berjuang. Bisa jadi cinta pertama, tapi bisa jadi bukan. Yang jelas, dari pertemuan seperti itu, ada kalanya kita menemukan jati diri kita yang sesungguhnya. Kejadian seperti itu jarang terjadi ya? Tapi sekali terjadi biasanya berdampak luar biasa hebat loh.

Bagian paling berkesan :

And I’ll watch as the sun fills a sky that was dark, and I’ll be remembering you

And I’ll think of the way that you fill up my heart, and I’ll be remembering You

 

6. Perfect (Glee Cast)

6 Perfect

Semua orang bisa berbuat kesalahan. Banyak dari kita yang salah dimengerti, tidak dianggap, diacuhkan, dan direndahkan. Namun jangan khawatir, dunia boleh mengutuk kita, tapi ketahuilah bahwa ada seseorang yang menganggap kita sempurna, apa adanya kita.

Luluh, itu yang saya rasakan waktu saya mendengarkan lagu ini. Suara Chris Colfer yang mendayu ditingkahi dengan suara Darren Criss yang bersemangat berhasil membuat saya bersemangat kembali setelah tersakiti oleh orang lain. Lagu yang didaur ulang dari milik Pink ini memacu kita untuk tetap tegar apapun yang terjadi, karena ada orang yang menginginkan kita tahu bahwa kita sempurna bagi mereka. Hua, manisnya….

Lirik paling berkesan :

Pretty, pretty, please if you ever, ever feel like you are nothing, you are perfect to me.

 

7. May It Be (Enya)

7 May It Be

Semua lagu di daftar ini rata-rata berdentam keras, bahkan garang, sementara lagu ini terdengar begitu mengalun dan sendu. Merupakan soundtrack film The Lord of the Rings, lagu ini menembangkan harapan, doa bahwa semoga dalam perjalanan kita menghadapi bahaya, kita akan terus terjaga dari kegelapan dan cahaya akan menyinari kita di penghujung janji. Yang hebatnya dari lagu ini, selain keindahan suara Miss Enya sebagai sang biduan, juga ada selipan bahasa Quenya dalam liriknya. Bahasa Quenya merupakan bahasa ras Peri dalam novel ini yang dibuat sendiri oleh pengarangnya, JRR Tolkien. Hebat….

Lagu ini cocok didengarkan pada saat kita sudah selesai mewek. Efek menenangkan dari lagu ini selain bisa meneduhkan pikiran juga bisa mengantar kita terlelap. Sungguh lagu yang indah, seindah suara penyanyi serta filmnya juga.

Lirik paling berkesan :

Mornie utulie (darkness has come), believe and you will find your way

Mornie alantie (darkness has fallen), a promise lives within you.

.

.

So, inilah lagu pembangkit perasaan dari saya. Maaf kalau terlalu panjang, sebenarnya satu lagu ingin dibuat satu artikel sangking kompleksnya lagu yang bersangkutan, atau mungkin saya saja yang menderita music complex sehingga jadinya terlalu lebay seperti ini. Still, silahkan dengarkan lagunya, resapi liriknya, dan kembalilah bangkit dengan semangat yang lebih dari sebelumnya. 

Oh ya, mungkin sobat punya rekomendasi lain, silahkan dibagi ya. Yang jelas, dari setiap kesusahan pasti akan ada kebahagiaan. Berjuanglah, sampai titik darah penghabisan. Kita pasti bisa.🙂