” Jungle Fish “

japan_student001_16x9

*

*

*

Rumah mewah, mobil mewah? Akankah semua itu berarti kebahagiaan?

Apakah orang tuaku bahagia?

*

*

*

Apakah aku bahagia?

*

*

*

Apa kau tahu tentang ‘Jungle Fish’ ?

Ikan itu terjebak dalam pusaran dan berakhir di hutan

‘Jungle Fish’ mereka memberontak karena tak dapat menemukan jalannya menuju lautan luas.

‘Jungle Fish’ belum mengerti cara hidup

belum mengerti cara berenang

belum mengerti cara memutuskan

belum mengerti cara memulai mimpi

*

*

Aku… tak dibebaskan bermimpi

Aku seperti ikan di hutan yang orang dewasa ciptakan

Apakah masih ada tempat dimana aku bisa bergerak bebas?

Setiap hari terasa membosankan, hal yang sama terus berulang

Rumah, sekolah, warnet, hanya itu yang aku punya.

Apakah tidak ada percakapan selain belajar?

Aku seperti mesin, seperti boneka yang dimainkan.

*

*

*

Mereka…

Orang dewasa dan orang tua, terus saja menanamkan mimpi mereka padaku.

Pilihan karir bermasa depan nomor satu atau bekerja di pemerintahan.

Mimpi paksaan itu milik siapa?

Apakah itu semua yang aku inginkan?

Bayangan siapa sebenarnya yang aku lihat dicermin sekarang ini?

*

*

*

Tunggu… apa ini jebakan?

Aku merasa seperti ikan yang terjebak dalam perangkap

Orang dewasa mengurungku dengan aturan yang mereka buat sendiri

Menjadi nomor satu atau gagal

Mereka yang menyudutkanku hingga aku berbuat curang

Aku melakukannya untuk apa yang mereka harapkan

Lalu… salah siapa?

Ini sebenarnya salah siapa?

*

*

*

Aku ingin bernapas

Aku ingin bersenang-senang

Aku ingin menghasilkan uang,

uang yang banyak

Tapi, aku lebih ingin merobek seragamku sekarang.

*

*

*

Kurasa… kesedihanku sudah melebihi batasnya

*

*

*

Untuk kalian semua yang tak memiliki mimpi

Berhentilah ragu-ragu

Buka matamu.

Harus sekarang, atau tidak.

*

*

*

Music Inspiration : BTS – N.O & BTS – No More Dream

Movie Inspiration : Jungle Fish Movie, Jungle Fish K-Drama

Current Mood       : This is My Coup D’etat