~ Aozora no Tamago ~

Aozora no Tamago
Apakah menurutmu terkadang langit seperti telur dadar?
Awan-awan putih itu terkadang seperti omelet yang enak dimakan?
Omelet special yang akan kau bagi dan nikmati bersama bersama keluarga atau sahabat dekatmu.
Rasa yang akan memberimu kenangan indah,
Sama seperti kisah ini…

*
*
*

Dorama yang terdiri dari 9 eps ini (Masing-masing eps berdurasi kurang lebih 20 menit) menceritakan tentang persahabatan yang unik antara Sakaki Tsukasa dan Tori Shinichi, dua sahabat dekat dengan perbedaan personaliti yang mencolok. Sakaki, karyawan sebuah perusahaan asuransi ini tipe pemuda yang ceria, murah senyum, dan baik -sungguh, dia baik sekali ^^-  Sakaki sangat sensitif  terhadap sekitarnya, mudah menangis karena sesuatu sebab dan sepertinya dia magnet bagi masalah. Kemanapun dia pergi, Sakaki pasti akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki problematika hidup.
Sedangkan Tori adalah Hikikomori,  seseorang yang menarik dirinya dari lingkungan sosial masyarakat, Hikikomori biasanya jarang keluar rumah. biasanya mereka mengurung atau menutup dirinya di rumah. Tori tampak seperti orang yang tak banyak bicara dan sedikit tak peduli, dia seorang programer yang banyak menghabiskan waktu dirumah dan hanya keluar bila Sakaki memaksanya ke Supermarket ataupun sekedar menghabiskan waktu bersama. Pintar memasak dan hampir bisa dipastikan Sakaki selalu datang kerumahnya untuk makan malam. Tori sebenarnya seorang pemuda yang cerdas dan memiliki kemampuan analisa yang baik. Pada akhirnya mereka berdua akan terlibat dalam suatu kasus dimana selalu saja Sakaki sebagai pembawa kasus itu dan Tori lah yang akan memecahkan masalah tersebut.

Tori to Sakaki
Ada ikatan yang unik diantara mereka berdua.
Tori itu berbeda dalam merasakan sakit ataupun perasaan terluka.
Mungkin itulah sebabnya Tori tampak sedikit dingin atau tak peduli.
Tori hanya dapat merasakan sakit lewat hati Sakaki
Lebih mudahnya jika Sakaki tenang maka Tori pun akan tenang, tapi kalau Sakaki menjadi sensitif, sedih ataupun menangis, Tori akan menjadi pribadi yang berbeda. Tori seperti ikut merasakan luka itu, dia akan menggigit kuku-kuku jarinya seperti anak kecil bahkan panik ketika melihat Sakaki menangis.
Kemudian Sakaki akan menenangkannya, menarik tangan Tori dan mengatakan bahwa dia baik-baik saja. Saat itulah Tori akan tenang kembali.
Tori paling tidak suka bila melihat kebaikan hati Sakaki di manfaatkan orang karena itulah terkadang Tori sedikit kesal kalau melihat Sakaki membawa pulang suatu masalah. Namun, Tori tetap dengan senang hati membantu Sakaki.

Tori 1Tori 2Tori

Chase 1
A trio in the moon light night

Terkadang sang korban belum tentu benar
dan sang pelaku belum tentu bersalah
Karena
Selalu ada sebab untuk sebuah luka
dan selalu ada alasan untuk sebuah sikap

Awalnya Sakaki dan Tori bertemu dengan seorang wanita bernama Suda Kaori saat mereka berbelanja ke supermarket, Sakaki menolong Kaori yang hampir kejatuhan tumpukan kardus, bukannya berterimakasih Kaori malah marah-marah ke Sakaki. Pada malam sebelumnya teman mereka Takimoto Koji dan Komiya yang berprofesi sebagai polisi sempat mengunjungi rumah Tori dan menceritakan sebuah kasus yang sedang mereka tangani. Kejadian mengenai beberapa pria yang dibuntuti dan di potong kemaluannya oleh seseorang yang misterius. Tori sedikit curiga pada Kaori, apalagi secara kebetulan Sakaki kembali bertemu bertemu dengan Kaori yang mengaku merasa sedang dibuntuti seseorang. Benarkah Kaori pelaku misterius tersebut? Apakah dia hanya memanfaatkan kebaikan Sakaki saja?
Di kasus pertama ini juga diceritakan juga mengenai masa lalu Tori dan Sakaki ketika sekolah dulu, saat itu teman-teman Tori selalu berusaha menyingkirkannya, bahkan guru pun seperti kurang peduli. Waktu itu Sakaki hanya diam-diam memperhatikan Tori. Namun, sehari sebelum kelulusan pada akhirnya Sakaki memberanikan diri untuk menyapa Tori dan mengatakan bahwa dia ingin menjadi “Ichiban Sinyu” (Sahabat Dekat) bagi Tori.

Sebenarnya ada yang membuatku terus bertanya ketika melihat scene flashback itu, terutama motif Sakaki bersahabat dengan Tori, entah itu murni dia ingin bersahabat atau setidaknya itu sebuah ‘penebusan rasa bersalah’ Sakaki sewaktu mereka masih sekolah dulu. Sebab dimasa lalu, sebenarnya Sakaki merasa pernah tidak peduli melihat Tori yang sering di bully.

a trio in the moon light*

*

*

Aku memiliki mata bukan hanya untuk membaca dan menulis
Aku memiliki telinga bukan hanya untuk mendengarkan musik
Aku memiliki lidah bukan hanya untuk merasakan sebuah rasa
Aku memiliki jari-jari ini bukan hanya untuk bekerja
Aku memiliki tubuh bukan hanya untuk kugunakan untuk kepentingan diriku sendiri
Cinta yang dimiliki seseorang bukan berarti hanya untuk orang itu sendiri

*

*

*

Chase 2
The footsteps of mermaid

Ningyo hime… (Putri duyung)
Dia mencintai seorang pangeran dan meminta kepada sang penyihir untuk menjadikannya manusia.
Sebagai gantinya sang penyihir meminta suara milik putri duyung.
Disetiap langkah, kaki putri duyung akan terasa sakit.
Bahkan ketika akhirnya dia bertemu dengan sang pangeran, putri duyung tak dapat memberitahukan namanya.
Kakinya terasa sakit.
Dia tak dapat bicara.
Sang putri ingin menjadi duyung kembali.
Apa yang harus dia lakukan?
Apakah dia harus membunuh sang pangeran?

Sepertinya akan luar biasa jika ada kisah seperti dongeng Putri Duyung sekarang ini. Sakaki secara kebetulan bertemu dengan pemuda buta bernama Tsukada Hajime di stasiun dan menolongnya. Tsukada memiliki pendengaran yang luar biasa meskipun buta. Pada hari berikutnya Sakaki sengaja menunggu di sekitar Stasiun dengan harapan bisa bertemu dengan Tsukada. Mereka akhirnya kembali bertemu, hal itu dijadikan kesempatan bagi Tsukada yang kemudian meminta Sakaki untuk menolongnya. Tsukada bercerita mengenai penyebab kebutaan matanya. Tsukada dan salah satu sahabatnya mengalami kecelakaan motor. Sahabatnya selamat dan Tsukada mengalami kebutaan, semula Tsukada begitu membenci sahabatnya dan menyalahkannya, tapi ternyata sahabatnya juga mengalami kelumpuhan. Mendengar hal itu tentu saja Tsukada tak dapat lagi membencinya, berkali-kali sahabatnya meminta maaf, meskipun Tsukada bilang tak ada yang bisa disalahkan, pada akhirnya Tsukada memutuskan akan lebih baik kalau mereka tak bertemu lagi.

Tsukada

Ando

Tsukada kemudian menceritakan pada Sakaki masalah yang dihadapinya sekarang, ternyata belakangan ada dua orang yang terus mengikutinya. Terkadang suara sepatu laki-laki yang terdengar, di lain hari akan terdengar suara sepatu wanita yang membuntutinya seharian. Suara langkah mereka sama, jadi Tsukada beranggapan mereka adalah orang kembar. Tsukada meminta Sakaki untuk menyelidiki siapa yang membuntutinya dan seperti biasa Sakaki tak dapat menolaknya. Sakaki kemudian menceritakan hal itu pada Tori dan memintanya untuk menemani menyelidiki orang yang terus mengikuti Tsukada. Semula Tori enggan untuk membantu Sakaki, apalagi Tori tak pernah keluar rumah sejauh itu dan begitu lama. Namun, pada akhirnya Tori tetap mau menolong Sakaki.

Ando Female

tumblr_m6b5k0CYpl1qbqqa1

Hari itu seorang pemuda terus mengikuti Tsukada, hari berikutnya giliran seorang wanita yang membuntutinya. Tori yang terus mengawasi gerak-gerik mereka mulai curiga, akhirnya Tori melabrak wanita itu dan bilang bahwa dia harus bicara terus terang, kalau tidak, semuanya tak akan berubah. Tori memberikan alamat rumahnya pada wanita tersebut dan memintanya datang keesokan harinya untuk bicara. Esoknya wanita itu datang untuk menemui Tori dan Sakaki namun ternyata Tsukada juga ada di sana, semula wanita itu hendak pergi namun dicegah oleh Sakaki. Mereka berempat berkumpul dan rahasia pun akhirnya terungkap. Wanita itu adalah Ando Jun, sahabat Tsukada, sekaligus pemuda yang menyebabkan kebutaan Tsukada pada sebuah kecelakaan motor.
Namun, apa alasannya menyamar sebagai wanita?
Apakah ada motif tertentu di balik peristiwa kecelakaan motor itu?

Ando 1Ando 2*

*

*

Tori
Boku ga iru yo
Donna koto ga atte mo boku wa soba ni iru kara
Zettai uragiranai kara

Tori
Aku ada disini
Apapun yang terjadi aku ada di sisimu
Aku tak akan mengkhianatimu

Sakaki to Tori*

*

*

Case 3
The child with wings

Aku sadar telah menjadi orang terdekat dalam hidup Tori
Aku mungkin sudah terbiasa dengan hal itu
Jika suatu hari dia ingin pergi
Apakah aku bisa melepasnya dengan senyuman?

Tanpa sengaja Sakaki melihat seorang anak kecil yang bermain sendiri di taman, dia yakin bocah itu tersesat, Sakaki yang tak bisa mengabaikannya pada akhirnya membantu bocah itu menemukan alamat yang ditujunya, tenyata rumah itu kosong dan sepertinya pemiliknya sudah lama pergi. Sakaki menyelipkan note sekaligus nomor teleponnya kalau-kalau sang pemilik rumah datang. Karena tak bisa meninggalkan bocah itu seorang diri, Sakaki kemudian membawa bocah itu ke rumah Tori, dan seperti biasa Tori sedikit kesal dengan ‘kebiasaan’ Sakaki yang selalu terlibat masalah.
Mereka berusaha menyelidiki bocah tersebut, namun bocah itu hanya menyebutkan namanya saja, Mario. Bocah itu hanya bicara beberapa patah kata sambil menggambar, gambar-gambar yang mungkin menjadi sebuah petunjuk tentang asal-usulnya.

Mario
Hari berikutnya seusai bekerja, saat dalam perjalanan pulang ke rumah Tori, Sakaki bertemu dengan ayah Tori. Tentu saja Sakaki terkejut, sebab ayah Tori seharusnya berada di Canada. Apalagi masalah keluarga Tori seperti begitu sensitif, pertemuan lagi dengan ayah Tori sudah pasti akan menguak luka lama Tori.
Sakaki kemudian menceritakan masa lalu Tori ketika Collapse, Ibu Tori pergi meninggalkannya bahkan mengirimkan surat yang menyakitkan hati. Disaat Tori membutuhkan sosok ayah, sang ayah malah seakan mengabaikannya dan tak mau peduli. Tori benar-benar syok dan akhirnya Collapse, Tori tak sadarkan diri dan sepertinya ‘menolak’ bangun. Saat itulah hanya ada Sakaki yang selalu ada di sampingnya, memanggil, menangis dan memeluk sahabat baiknya seakan berharap agar Tori kembali membuka matanya. Sakaki bahkan berkata pada Tori yang masih tertidur, bahwa walau bagaimanapun, dia berterimakasih pada ibu Tori karena telah melahirkannya ke dunia. Kalimat Sakaki itu seakan sebuah mantra yang ajaib, Tori perlahan membuka matanya dan ‘Terimakasih’ adalah kata pertamanya yang diucapkan untuk Sakaki. Sejak peristiwa itulah Mood Tori bergantung pada suasana hati Sakaki. Setelah mendengarkan cerita Sakaki, ayah Tori akhirnya menyadari kesalahannya.

Hurt 1Hurt 3Hurt 2

Sakaki kembali ke rumah Tori, dia memutuskan untuk merahasiakan pertemuannya dengan ayah Tori. Namun hari berikutnya Tori malah mendapat telepon dari ayahnya, dia begitu marah dan berteriak pada ayahnya agar pergi dan tidak datang menemuinya. Tori kemudian mengurung diri dikamarnya. Komiya yang kebetulan berada dirumah Tori untuk menjaga Mario, segera menelpon Sakaki yang sedang bekerja dan memberitahukan keadaan Tori yang tak mau keluar dari ruangannya. Takut kalau Tori akan kembali Collapse, Sakaki segera saja berlari menuju ke rumah Tori. Benar saja, Tori sudah mengunci ruangan kamarnya rapat-rapat, dengan sabar Sakaki membujuk Tori agar mau membukakan pintu untuknya. Sakaki tak peduli jika Tori akan berteriak atau menangis, hal itu lebih baik dari pada Tori melukai dirinya sendiri.
Pada akhirnya Tori menuruti kata-kata Sakaki, dia mengumpulkan keberaniannya untuk menemui sang ayah. Mereka pun kembali bertemu setelah sekian lama terpisah. Di saat yang sama Sakaki mendapatkan telepon dari Ayah Mario yang kebetulan telah pulang ke rumah dan mendapati note dari Sakaki.
Siapakah Mario sebenarnya?
Apakah pada akhirnya Tori sudah memaafkan ayahnya?

CollapseCollapse (2)Reunion*

*

*

Kemudian kisah kami terus berlanjut.

Di dunia yang mana akan membawa pertemuan yang lainnya.

Musim di depan sana pasti akan berganti.

Namun aku tetap akan terus melangkah.

Bermimpi tentang langit biru bersama,

Di sisinya.

*

*

*

Untuk endingnya, nonton sendiri ya biar nggak penasaran hehehe XDD, Dorama ini bukan dorama Yaoi kok, mungkin sedikit Sho-ai tapi murni genre Friendship. Puter juga Ost Aozora no Tamago, Glow – Keeno feat. Kurutamin. Dan sepertinya Kisah ini adalah kisah nyata, entahlah aku juga belum bisa membuktikannya, yang jelas Dorama ini di adaptasi dari Manga dengan judul yang sama, milik Sakaki Tsukasa-sensei. Hei… bukankah Sakaki Tsukasa adalah nama salah satu character di kisah Aozora no Tamago ini?

Vol 1Vol 2

CAST :

Tori and Sakaki Cast

Inoue Masahiro as Sakaki Tsukasa
Akutsu Shintaro as Tori Shinichi

Komiya to Takimoto
Harukawa Kyosuke as Takimoto Koji
Suzuki Shogo as Komiya

Suda KaoriKurokawa Mei as Suda Kaori

Tsukada to Ando
Hirano Ryo as Tsukada Hajime
Shison Jun as Ando Jun

*

*

*

Tomodachi, Nakama, Yuujin, Sinyu
Akan ada banyak kata untuk menyebut Teman
Tapi Ichiban Sinyu -Sahabat sejati- rasanya hanya ada satu dari sekian banyak

Nee, mitsuketa ka, anata no Ichiban Sinyu?

~ Yuuki ~

sky