TLOTR 1

The Lord of The Rings

The Fellowship of The Ring

by

J.R.R. Tolkien

Tiga Cincin untuk raja-raja peri di bawah langit,

Tujuh untuk raja-raja Kurcaci di balairung batu mereka,

Sembilan untuk Insan Manusia yang ditakdirkan mati,

Satu untuk Penguasa Kegelapan di tahtanya yang kelam

Di Negeri Mordor di mana Bayang-bayang merajalela.

Satu Cincin ‘tuk menguasai mereka semua,

Satu Cincin ‘tuk menemukan mereka,

Satu Cincin ‘tuk membawa mereka semua

Dan dalam kegelapan mengikat mereka

Di Negeri Mordor di mana Bayang-bayang merajalela

BOOK I

Bilbo Baggins, setelah  pesta perayaan ulang tahunnya yang ke sebelas puluh satu tahun, dia pergi berpetualang kembali. Dia juga mewariskan seluruh hartanya dan juga cincin ajaibnya kepada keponakannya, Frodo Baggins.

Lama berselang Gandalf si penyihir kelabu datang untuk menceritakan tentang cincin yang diwariskan kepada Frodo. Cincin itu adalah cincin utama milik Sauron yang perkasa, penguasa kegelapan, di negeri Mordor. Dan saat ini sang pemilik sedang mencari cincin tersebut. Jika cincin tersebut jatuh kembali ke pemiliknya maka dunia akan kembali ke dalam masa-masa kegelapan.

Satu-satunya cara untuk menghentikan penguasa kegelapan adalah dengan menghancurkan cincin utama tersebut. Dan cincin itu hanya dapat dihancurkan dengan melemparnya ke celah ajal di kedalaman gunung api Orodruin, di Negeri Mordor.

Maka Frodo Baggins untuk melaksanakan misinya itu harus melakukan perjalanan jauh ke selatan. Dan dia berangkat bersama tiga sahabat hobbit-nya, Pippin (Peregrin Took), Merry (Meriadoc Brandybuck), dan Sam (Samwise Gamgee). Namun karena mereka dikejar oleh penunggang hitam, mereka memilih melintasi Old Forest yang misterius. Disana mereka bertemu dengan Tom Bombadil yang membantu mereka melintasi Old Forest menuju Bree.

Di Bree, Frodo dan kawan-kawan menginap di penginapan Kuda Menari. Di sana mereka tidak menemukan keberadaan Gandalf. Mereka malah bertemu Strider, orang yang akan membantu mereka menuju Rivendell.

Di Rivendell, akhirnya mereka bertemu dengan Gandalf si Kelabu. Gandalf menceritakan jika dia disandera oleh Saruman si Putih. Saruman telah berpaling untuk mendukung Sauron. Frodo juga bertemu pamannya, Bilbo Baggins.

Lord Elrond, penguasa Rivendell, membuat pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan bangsa Kurcaci, perwakilan kerajaan Elf hutan, bangsa manusia dari kerajaan Gondor, Strider yang tidak lain adalah Aragorn sang putra Arathorn yang juga keturunan Isildur penguasa Gondor, Gandalf dan Frodo. Di pertemuan itu diputuskan Cincin ajaib yang dimiliki Frodo harus dimusnahkan di gunung berapi yang berada di Mordor. Frodo dengan sukarela mengajukan diri untuk membawa cincin ajaib hingga ke Mordor. Bersama Frodo ikut pula Gandalf, Aragorn, Gimli dari bangsa kurcaci, Legolas dari kerajaan Elf hutan, Boromir dari Gondor, Sam, Merry, dan Pippin. Tim mereka ini disebut sebagai Sembilan persaudaaan cincin.

Perjalanan ke Mordor dimulai dengan melintasi pegunungan berkabut. Jalan yang dipilih adalah Gerbang Moria, kerajaan bangsa kurcaci kuno. Namun didalam Moria mereka diserang oleh pasukan Orc. Mereka melawan sambil terus menuju jalan keluar melintasi jembatan Khazad-dum. Namun rupanya bukan hanya para Orc yang mengejar mereka, tapi juga Balrog, monster api kuno. Setelah semua melintasi jembatan Khazad-dum, Gandalf menghadang Balrog di atas jembatan. Dia memukulkan tongkatnya untuk membuat retakan pada jembatan tepat dibawah kaki Balrog. Balrog pun jatuh ke dasar jurang. Namun sambil jatuh ia mengayunkan pecutnya, talinya memukul dan menggulung lutut Gandalf, menyeretnya ke pinggir jurang dan akhirnya tergelincir ke dalam jurang.

Perjalanan dilanjutkan dengan dipimpin oleh Aragorn, melintasi Lothlorien, kerajaan peri hutan. Di sana mereka disambut oleh Lord Celeborn dan Lady Galadriel. Mereka istirahat dalam kedamaian di Lorien dan mendapat mendapat jubah peri dan hadiah dari Lady Galadriel sebelum meninggalkan Lorien.

Mereka melanjutkan perjalanan menggunakan perahu menyusuri sungai Anduin. Melewati Argonath, Pilar-pilar Raja-raja. Namun ketika rombongan telah sampai di antara Amon Lhaw dan Amon Hen, Boromir mencoba meminta cincin ajaib pada Frodo untuk dijadikan senjata Gondor untuk melawan Sauron. Hal itu membuat Frodo marah dan lari dengan memakai cincin. Maka berakhirlah persaudaraan cincin. Di tengah hilangnya Frodo, rombongan yang lain diserang oleh Orc suruhan Saruman. Boromir tewas dalam pertarungan, sementara Merry dan Pippin ditangkap oleh para Orc.

Frodo memutuskan untuk pergi ke Mordor seorang diri, namun Sam yang berhasil menemukan Frodo memaksa untuk ikut. Akhirnya mereka berdua berangkat menyeberangi sungai dan menepi di tebing Amon Lhaw, mencari jalan yang membawa mereka melintasi bukit-bukit kelabu Emyn Muil, dan turun ke negeri bayang-bayang.

TLOTRHobbitBanner