image

The Deadly Violin

FIVE DETECTIVES QUEST

By

Andy M. Baramuli

Randy Swat, seorang penulis novel misteri asal Amerika. Suatu hari dia mendapatkan surat dari seseorang yang menyebut dirinya sebagai Mister X. Dalam suratnya itu Mister X menantang Randy untuk memecahkan kasus di Paris. Sebuah kasus teror pembunuhan yang akan terjadi saat pertunjukan biola Vierlitto Stradivarius. Randy juga diberi tiket VVIP pertunjukan itu dan tiket pesawat ke Paris serta kunci kamar di sebuah hotel mewah.

Randy pun berangkat ke Paris memenuhi undangan Mister X. Di Paris, dia bertemu dengan 4 orang yang juga diundang oleh Mister X. Maria Ksvitsova, gadis asal Rusia yang memiliki kemampun ingatan fotografis. Ken Kyoichiro, seorang wartawan investigasi asal Jepang. Diana Verolyn, kriminolog asal Inggris. Dan Peter Hans, seorang dokter ahli forensik asal Inggris. Mereka berlima mendapat surat dari Mister X saat hari pertama tiba di Paris, berisi ancaman pembunuhan di pertunjukan biola itu.

Esoknya mereka melaporkan ancaman itu ke kepolisian Paris. Disana mereka disambut oleh inspektur kepolisian Paris, Jason Smith, dan wakilnya, Harviana. Ternyata kedatangan mereka berlima di Paris telah diketahui oleh pihak kepolisian karena pihak polisi juga disurati oleh Mister X. Randy dan kawan-kawan pun menjadi konsultan kepolisian paris yang akan membantu proses investigasi Mister X.

Dari kantor polisi mereka mengunjungi Museum Stradivarius. Disana mereka disambut oleh kepala museum, Julia. Setelah berkeliling melihat sejarah pembuatan alat musik buatan keluarga Stradivari, mereka akhirnya berkesempatan melihat Vierlitto Stradivarius, biola pertama yang dibuat sendiri oleh Antonio Stradivarius, juga merupakan biola yang digunakan saat pertunjukan nanti.

Vierlitto Stradivarius adalah karya keluarga Stradivari yang paling berharga. Saat ini dimiliki oleh Senior Ford dan akan diwariskan kepada salah satu dari kelima muridnya. Rencananya Senior Ford akan memilih pewarisnya setelah pertunjukan biola nanti. Namun pertunjukan itu dinodai oleh teror pembunuhan terhadap Senior Ford.

Atas bantuan Julia, Randy dan lainnya berkesempatan bertemu dengan Senior Ford esoknya. Mereka disambut oleh istri Senior Ford, Yvone. Dan juga makan malam bersama Senior Ford dan kelima muridnya, Freddy Jenkins, McEntire, Rave Gilles, Aprilia dan Revuelta Delica. Sayangnya makan malam itu terganggu oleh pertengkaran murid-murid Senior Ford.

Esoknya, hari pertunjukan ‘The Real Sensation of Stradivarius’ gedung kesenian Paris dijaga ketat. Randy, Diana, Maria, Ken , dan Peter , yang hadir sebagai tamu VVIP mendapat kehormatan untuk mengundi urutan tampil dari murid-murid Senior Ford. Pertunjukan dimulai dengan urutan McEntire, Revuelta Delica, Rave Gilles, Aprilia, Freddy Jenkins. Satu per satu para calon pewaris menunjukkan kemampuannya. Dan hingga saat pengumuman tiba-tiba Delica dan Rave tampak sangat pucat. Delica roboh dan tewas seketika, sedangkan Rave tak sadarkan diri dan langsung dibawa ke rumah sakit. Dari pengamatan Peter yang seorang dokter forensik, kedua korban mengalami keracunan udara yang disebabkan suatu zat. Maka ancaman Mister X terbukti.

Setelah kejadian itu, Randy dan kawan-kawan diminta untuk tinggal di rumah Senior Ford. Disana mereka mendiskusikan penyebab kematian Delica dan siapa pelakunya. Dari laporan tim forensik, Delica dan Rave keracunan sianida. Namun sianida tersebut tidak ditemukan di makanan ataupun benda lain di lokasi kejadian.

Saat makan malam, terjadi kembali pertengkaran di antara murid-murid Senior Ford. Tapi dari pertengkaran itu, Randy mendapat petunjuk bagaimana cara sianida dapat masuk ke tubuh Delica dan dari mana sumbernya, yaitu dari batu gala yang digunakan untuk menggosok busur biola. Hal itu langsung disampaikan pada Jason Smith agar busur dan batu gala milik Delica diperiksa.

Setelah makan makan malam, Senior Ford dan murid-muridnya kembali ke kamar masing-masing, Yvone ke kantornya, Randy dan lainnya serta Jason dan Harviana berkumpul di ruang tamu. Tidak lama berselang Julia datang dengan ketakutan. Dia mengaku mendengar suara seseorang.

Yvone berteriak memanggil nama Jason sehingga membuat semua yang berada di ruang tamu mendatangi Yvone. Sesuatu telah terjadi pada Senior Ford. Dari celah pintu kamar mandi yang terkunci dari dalam, keluar air yang membanjiri lantai, hanya saja air itu berwarna merah. Setelah didobrak, Senior Ford ditemukan tak bernyawa.

Dapatkah Randy, Diana, Maria, Ken dan Peter memecahkan kasus pembunuhan biola Stradivarius ini? Siapa pelaku pembunuhan ini? Dan siapakah Mister x?

Silakan baca sendiri ya….🙂 Gak seru kalo cerita detektif diceritakan sampai ending.

End

Cerita di novel ini mengingatkan saya dengan cerita pada sebuah manga, ‘Dan Detective School’. Ada yang pernah baca manganya? Atau pernah nonton anime dan live action-nya? Kalau pernah, ada satu episode yang menyingung soal biola.

Nilai lebihnya, bahasa yang digunakan mudah dimengerti, kasus yang disajikan mungkin agak sulit ditebak (karna udah sering baca komik detektif menurut saya kasusnya mudah ditebak). Tapi sayang, ya ampun, novel ini adalah novel pertama yang saya baca dengan typo yang luar biasa banyak.

Happy Reading,

Thank You….

P.S. Maaf ketikannya jelek, soalnya si lepi ketinggalan di tempat orang tersayang. Akan diperbaiki setelah si lepi kembali…😛