The Hobbit

The Hobbit

by

J.R.R. Tolkien

Inilah kisah tentang seorang Baggins yang pergi berpetualang, dan mendapati dirinya melakukan dan mengucapkan hal-hal yang tak disangka-sangka…

Bilbo baggins adalah hobbit yang suka hidup nyaman, tenang, tidak ambisius, jarang bepergian jauh selain ke gudang makanan di lubang hobbit-nya di Bag End. Dia adalah hobbit dari keluarga terhormat yang kaya raya dan tidak pernah melakukan petualangan atau apa pun yang tak terduga.

Suatu ketika Bilbo kedatangan Gandalf si Penyihir dan 13 kurcaci (dwarves) yang mengajak dirinya ikut dalam sebuah perjalanan ke timur, ke Gunung Sunyi untuk merebut kembali harta para kurcaci yang rampas oleh Smaug si naga raksasa yang sangat berbahaya. Walaupun seperti halnya hobbit-hobbit lain yang suka hidup tenang tapi darah keluarga Took yang mengalir dalam diri Bilbo membangkitkan hasrat petualang sang hobbit.

Bersama Gandalf dan 13 kurcaci (Thorin, Bifur, Bofur, Bombur, Dori, Nori, Ori, Oin, Gloin, Kili, Fili, Balin dan Dwalin), Bilbo melakukan perjalanan meninggalkan Hobbiton melewati tapal batas belantara. Mereka bertemu dengan tiga troll  yang hampir memakan mereka sebelum ditolong oleh Gandalf. Mereka meneruskan perjalanan ke Rumah Ramah Terakhir untuk bertemu Elrond si pemilik rumah, peri (elf) penguasa Rivendell. Mereka tinggal disana beberapa hari dan mendapat perbekalan untuk melanjutkan perjalanan.

Perjalanan dilanjutkan melintasi Pegunungan Berkabut, menerjang badai dan bertemu dengan Goblin-goblin jahat. Para kurcaci dan Gandalf berhasil lolos dengan menumbangkan pemimpin besar Goblin. Sedang Bilbo yang sempat tertinggal menemukan cincin ajaib, cincin yang di kemudian hari akan mengubah hidupnya seratus delapan puluh derajat dan nantinya cincin itu akan diwariskan pada keponakannya, Frodo Baggins. Bilbo bertemu dengan makhluk bernama Gollum dan bertanding teka-teki agar bisa terbebas dari si Gollum. Dengan cinicn ajaibnya, Bilbo berhasil lolos dari Gollum dan para Goblin sehingga dapat berkumpul kembali dengan Gandalf dan para kurcaci.

Ketenangan Bilbo dan kelompoknya tidak berlangsung lama. Mereka dikepung gelombolan Warg serigala liar dan pasukan Goblin, namun diselamatkan oleh raja Elang dan pasukannya. Setelah pulih, Bilbo dan kawan-kawan diantarkan ke Carrock. Dari sana mereka melanjutkan perjalanan ke rumah Beorn, pria yang memiliki kemampuan berubah menjadi beruang. Berdasarkan petunjuk Beorn, jalan yang aman menuju Gunung Sunyi adalah jalan setapak di belantara Mirkwood di bagian utara.

Perjalanan Bilbo dan para kurcaci dilanjutkan tanpa didampingi Gandalf. Mereka melintasi jalan setapak untuk menembus hutan belantara Mirkwood yang gelap. Di ujung timur hutan mereka dihadapkan oleh puluhan laba-laba raksasa yang siap memakan mereka. Dengan cincin ajaib yang dapat membuat pemakainya tak terlihat, Bilbo menyelamatkan teman kurcacinya.

Belum lama selamat dari laba-laba raksasa, mereka ditangkap oleh pasukan peri hutan, kecuali Bilbo yang selamat karena cincinnya. Bilbo yang tidak terlihat dengan cerdik sekali lagi menyelamatkan semua teman kurcacinya dan melarikan diri melalui sungai yang mengalir hingga ke kota danau Esgaroth. Di kota danau mereka disambut hangat.

Dari kota danau Esgaroth, mereka melanjutkan perjalanan ke Gunung Sunyi, tempat Smaug tinggal. Dengan kecerdikan Bilbo mereka menemukan jalan masuk rahasia. Dan dimulailah tugas Bilbo sebagai pencuri harta. Smaug yang akhirnya mengetahui hartanya ada yang dicuri marah besar. Dia menyangka penduduk kota danau Esgaroth membantu Bilbo dan para kurcaci. Smaug yang marah menyerang kota danau Esgaroth. Namun dengan petunjuk seekor burung yang mengetahui titik lemah sang naga dari Bilbo, Bard salah seorang penduduk kota Esgaroth berhasil memanah Smaug hingga tumbang.

Kabar kematian Smaug membuat penduduk kota danau Esgaroth dan kerajaan peri hutan mendatangi Gunung Sunyi untuk meminta bagian harta, tapi ditolak oleh Thorin si pemimpin kurcaci. Bahkan Thorin telah menghubungi kerabat mereka di perbukitan besi, Dain, untuk membawa pasukan kurcaci untuk membantu jika terjadi perang.

Namun di saat yang sama kabar kematian Smaug juga terdengar oleh para Goblin dan Warg. Mereka menyerang Gunung Sunyi. Maka terjadilah perang lima pasukan. Pasukan Goblin dan Warg melawan pasukan kurcaci, pasukan peri hutan dan prajurit kota danau Esgaroth. Perang dimenangkan oleh kurcaci, para peri dan prajurit kota danau Esgaroth dengan bantuan pasukan raja Elang.

Akhirnya Bilbo bisa kembali ke Bag End, Hobbiton, ditemani oleh Gandalf dengan membawa harta yang menjadi bagiannya. Tapi petualangannya itu membuat hidupnya berubah, dia tidak lagi mendapat penghormatan seperti dahulu dan dianggap aneh oleh hobbit lain. Tapi Bilbo tidak peduli, ia merasa sangat puas, ia tetap merasa bahagia, sampai akhir hayatnya. Dan umurnya pun masih panjang.

END

Kisah ini merupakan kisah pendahuluan dari kisah The Lord of The Rings. The Hobbit telah terjual jutaan copy sejak diterbitkan pada tahun 1937, dan menjadi salah satu buku berpengaruh dan paling dicintai di abad kedua puluh.

Kisah ini pun telah dibuat versi layar lebar yang akan rilis 14 Desember 2012 nanti.

The Hobbit - An Unexpected JourneyWaahh, gak sabar pengen bisa nonton film ini berdua… >_< hehehehe…

Finally, 

Happy reading and happy watching…

The Hobbit Banner