Buat para visitor yang udah langganan blog ini, dapet email notifikasi postingan baru, dan harus kecewa karena ternyata postingannya bukan fiksi, maaf yaaaa..😀

Menurut saya, musik bukanlah sesuatu yang nggak lebih penting daripada bacaan, ada yang setuju? Itu karena saya pikir semua orang suka mendengarkan musik, sama seperti semua orang suka membaca. Apapun suasana hati kita, musik pasti sesuatu yang menyenangkan untuk menemani. Dan galau adalah salah satu suasana hati yang belakangan ini lagi ngetrend, hihihi… Sebenernya galau tuh perasaan yang kaya gimana sih? Biasanya asal lagi nggak tenang, kacau, bingung, agak sedih, gloomy, dan seterusnya, maka saya akan ngaku sedang galau…😆

Saya pribadi suka jenis musik yang easy listening, saya suka instrument gitar, piano dan saksofon, tapi jangan sekalipun berpikir saya bisa memainkan salah satu apalagi ketiga alat musik itu ya…😀

Tapi kali ini yang saya bahas adalah musik berlirik, musik dengan vocal, pendek kata : lagu. Lagu-lagu berikut adalah sebagian yang ada di playlist handphone saya, music player yang paling available karena tiap hari selama 24 jam selalu nyala dan setia di samping saya. Sebagian besar lagu lama, mungkin awal tahun 2000, atau bahkan sebelumnya. Ada yang belum lahir tahun segitu?😀

Sioen – Cruisin’

Lagu ini kalo nggak salah dirilis tahun 2005 atau 2006, saya lupa dan males nyari infonya. Tapi yang jelas, saya teramat sangat cinta banyak banyak sekali sama lagu ini. Mungkin lagu ini adalah salah satu yang akan saya cintai selamanya seumur hidup(?). Musiknya semi jazz, suara penyanyinya serak basah gitu… so comforting. Saya nggak ambil pusing sama arti liriknya, jadi sebenernya saya suka mendengarkan lagu ini dalam segala suasana hati.

Muse – Unintended

Hmh, lagu ini gloomy dari musik, lirik sampe warna vokalnya. Tapi saya cinta lagu ini… mendengarkan lagu ini somehow bisa bikin saya merinding dan pengen nangis. Saya bukan fanatik Muse, jadi ini adalah satu-satunya lagu Muse yang saya suka. Liriknya menceritakan soal seseorang yang nggak juga bisa move on dari luka masa lalu, padahal sebenernya dia sudah punya pengganti yang setia menemani dan mencintai sepenuh hati. Unintended, yang tidak diharapkan, hm…

Keane – Somewhere Only We Know

Saya suka dua lagu Keane, Everybody’s Changing dan Somewhere Only We Know. Tapi saya lebih pilih yang kedua. Kenapa? Karena ngerasa galau seringkali membuat saya pengen pergi ke suatu tempat dimana cuman saya aja yang tau. Beberapa baris lirik lagu ini sering membuat saya senyum-senyum sendiri. Oh simple thing, where have you gone? I’m getting old and I need something I rely on… So tell me when you’re gonna let me in, I’m getting tired and I need somewhere to begin… So why don’t we go somewhere only we know It’s cool🙂

Cake – I Will Survive

Yakinnnn, pasti nggak ada yang nggak tau lagu everlasting ini, ya kan? Lagu ini kayanya “semua orang banget”. Versi aslinya dinyanyikan oleh Gloria Gaynor (nyontek playlist bapak), tapi jelas nggak sekeren versi Cake ya. Liriknya yang menceritakan tentang seseorang yang berusaha keras buat move on setelah disia-siakan pacarnya, rasanya lucu sekaligus bikin semangat, sekalipun kegalauan kita bukan karena sebab yang sama. I’m not that stupid little person still in love with you🙂

Lara Fabian – Broken Vow

Pertama kali denger lagu ini di serial Taiwan Meteor Garden😀 Saya nggak tau persisnya kapan lagu ini dirilis, tapi saya sempat pernah dengar nama Lara Fabian, kemana ya dia sekarang? Lagu ini mendayu-dayu abis, ceritanya juga sedihhhhh… Tentang seorang wanita(?) yang dikhianati kekasihnya, si kekasih meninggalkan dia demi orang lain, dia merelakan tapi tetap meratapi. Menurut saya, a vow is more than just a promise, so a broken vow, sedih lah… Lagu ini punya efek menidurkan saat galau🙂

Lauren Wood – Fallen

Hahahah.. Ada yang inget film Pretty Woman? Julia Roberts and Richard Gere? Fufufu… film itu jaman saya TK, pasti ada yang belum lahir waktu itu… #lirik Satria. Iya, lagu ini adalah salah satu yang dijadikan soundtrack film itu, selain It Must Have Been Love yang legendaris punya Roxette. Warna vokalnya antara cowo dan cewe, hehehe… seksi mendesah gitu, dan musiknya yang full of percussion, membuat lagu ini berefek relaxing, bisa bikin kaki dan kepala goyang-goyang. Nggak percaya? Just try…🙂

Pink – F***ing Perfect

Percaya nggak, pertama kali nonton MV lagu ini, saya nangis terharu. Berbeda, terisolir, di-bully, minoritas, depresi dan akhirnya bangkit kemudian membuktikan diri, itu bener-bener sesuatu. Jelas ya, lagu ini memang lagu motivasi, itu makanya saya suka. Tapi jangan dikira saya suka Pink, hehehe… Bener deh, lagu ini terutama MV.nya bisa menggugah jiwa dan membuat kita berpikir optimis.

Vierra – Takut

Hihihi… berasa sok imut karena suka sama lagu ini, I love Widi!!! Saya jatuh cinta sama lagu ini pertama kali nonton MV.nya di tv, manisnya…😳 Suka sama Vierra berasa abg ya? Tapi lagu ini manisnya tak terbantahkan… dan percayalah, dalam suasana hati dengan kadar kegalauan yang tepat(?) saya bisa berkaca-kaca waktu dengerin lagu ini, kekeke… Aku takut kamu pergi, kamu hilang, kamu sakittttt…😀

Simple Plan – Astronaut

Saya suka Simple Plan. Saya menyimpan beberapa lagu lamanya di PC, dan satu full album yang dirilis tahun 2011, Get Your Heart On! Lagu ini adalah single kedua setelah Jet Lag, genre musiknya Simple Plan banget. Dan yang membuat lagu ini menjadi salah satu lagu kebangsaan galau adalah, liriknya menceritakan tentang kesepian, tentang seseorang yang mencari teman. So tonight I’m calling all astronauts, all the lonely people that the world forgot. If you hear my voice, come pick me up. Are you out there? Coz you’re all I got

Damien Rice – Lonelily

Saya cinta Damien Rice, meskipun kebanyakan saya nggak paham isi lagunya. Yang jelas, saya suka vokalnya, dan saya suka musiknya yang selalu… selalu… comforting and relaxing. Kasih tau kalo saya salah, tapi setau saya, lonely adalah adjective, dan bisa berubah menjadi noun yaitu loneliness. Tapi lonelily? Adverb? Ya sudahlah… yang penting lagu ini keren. Mungkin karena saking pengen menggambarkan kesendirian dalam segala sesuatu, akhirnya Damien Rice maksa menjadikan lonely sebagai adverb, kekeke…

Rumor – Kau Harus Mencintaiku

Ada yang tau lagu ini? Kabarnya lagu ini adalah single kedua setelah Butiran Debu, selama Rija Abbas masih ada di bawah nama Rumor. Tapi nggak tau juga deh, kayanya nggak se-booming Butiran Debu ya, saya sendiri nemunya nggak sengaja. Lagu ini nggak kalah bagus sama Butiran Debu. Liriknya sedih, kaya ngemis cinta gitu, hihihi… Apapun penyebab galau kita, lagu ini pasti berasa dalem. It’s nice for ears…🙂

Kenapa saya pilih 11? Karena kalo kebanyakan bisa nggak seru, hehehe… Sebenernya saya nggak pilih-pilih waktu dengerin musik, biarin aja semua jalan sesuai urutannya di playlist, tapi sungguh, lagu-lagu di atas memang lebih bermakna saat galau melanda…😆

Dan, karena masing-masing orang punya selera musik yang berbeda, jadi… apa lagu galau-mu?🙂

links credit to : all the links’ owner on youtube and soundcloud