Annyeonghaseyo!!!

Antique, (Hangul: 서양골동양과자점 앤티크, Seoyang-gol Dongyang-gwaja-jeom Antique) adalah sebuah Korean live-action movie yang diadaptasi dari sebuah manga karangan Fumi Yoshinaga berjudul Antique Bakery (西洋 骨董 洋菓子店 Seiyō Kottō Yōgashiten, Western Antique Cake Shop). Film bergenre drama comedy ini dirilis 13 November 2008 dan telah ditonton lebih dari 1 juta pasang mata dalam 2 minggu pemutaran awal, dan membuat film ini menjadi salah satu film Korea tersukses. Sebelumnya juga telah dibuat versi Japanese TV drama (2001) dan Anime (2008).

Cast :

Joo Ji Hoon as Kim Jin Hyuk

Kim Jae Wook as Min Seon Woo

Yoo Ah In as Yang Ki Beom

Choi Ji Ho as Nam Soo Yeong

Andy Gillet as Jean-Babtiste Evan

Kim Jin Hyuk adalah seorang pria dewasa yang tampan, anak tunggal dari keluarga kaya raya, tapi tidak pernah beruntung dalam hubungan cinta bahkan saat lulus SMA dia ditembak oleh teman laki-lakinya tepat setelah ditolak oleh seorang gadis. Dia memutuskan untuk membuka sebuah cake shop walaupun sebenarnya sangat membenci cake yang manis, dia akan mual muntah setelah memakannya. Alasan membuka cake shop? Sederhana, karena custumer-nya akan kebanyakan wanita. Bukankah semua wanita suka cake yang manis eh?. Jin Hyuk akhirnya membeli sebuah rumah kecil bergaya kuno yang akan disulap menjadi cake shop yang dinamai Antique. Saat berbenah, datang seorang pria bernama Min Sun Woo. Dia berniat melamar menjadi patissier (chef). Namun lamarannya tidak segera diterima oleh Jin Hyuk, karena Sun Woo sudah pernah bekerja di banyak cake shop terbaik namun berakhir dengan pemecatannya di setiap tahun pertama bekerja. Perkelahian antar pegawai, percobaan bunuh diri, dan seorang istri pelanggan datang dengan membawa pisau, semuanya dikarenakan oleh Sun Woo. Sun Woo mengaku jika dia adalah seorang gay dengan ‘Demonic charm’, dan dengan pesonanya itu, setiap orang baik yang suka atau tidak suka, gay atau straight, akan bertekuk lutut pada Sun Woo.

Min Sun Woo adalah seorang patissier yang juga seorang gay. Saat akan lulus SMA dia memberanikan diri untuk menyatakan rasa cintanya pada teman cowoknya, Jin Hyuk. Tapi dia ditolak dengan kejam dan wajahnya dilempari cake oleh Jin Hyuk. Setelah kejadian itu, Sun Woo bergabung dengan gay club dan segera menjadi terkenal, membuat semua pria tergila-gila, the gay of demonic charm, the legend of Min Sun Woo. Dia kemudian hijrah ke Perancis bersama pacarnya dan belajar menjadi patissier disana.

Jin Hyuk sadar jika cowok yang dia tolak dulu adalah Sun Woo. Dia menerima Sun Woo sebagai patissier karena dia sama sekali tidak terpengaruh pada demonic charm milik Sun Woo, dengan konsekuensi dia tidak boleh mempekerjakan pegawai wanita, karena Sun Woo ternyata takut pada wanita dan tidak nyaman bekerja bersama wanita. Jadi, lowongan pekerjaan di Antique hanya untuk pegawai pria dengan syarat semua pelamar harus melewati semacam interview dengan Sun Woo, jika si pelamar tidak terpengaruh oleh demonic charm milik Sun Woo dan Sun Woo tidak merasakan rasa apapun pada si pelamar maka dia lolos seleksi. Tapi sejauh ini semua pelamar ditolak, maka hanya ada dua pekerja di Antique, Sun Woo bekerja di dapur dan Jin Hyuk yang berhadapan dengan pelanggan.

Enam bulan kemudian datang seorang pemuda bernama Yang Ki Beom melamar pekerjaan di Antique, dia lolos interview. Ki Boem adalah seorang mantan top boxer yang terpaksa harus pensiun dini karena mengalami gejala retina detachment (terlepasnya retina). Dia sangat suka cake manis, terutama buatan Sun  Woo, he has a huge sweet tooth. Sebenarnya Ki Beom akan dijadikan waiter oleh Jin Hyuk, tapi karena Ki Beom punya keahlian menilai rasa maka dia dijadikan Apprentice oleh Sun Woo. Ki Beom bahkan dapat tempat tinggal di lantai atas Antique. Dan Jin Hyuk tetap diposisi awal.

Kemudian muncul Nam Soo Yeong, cowok kaku, ceroboh, berkacamata gelap. Soo Yeong adalah teman masa kecil Jin Hyuk. Dia sebenarnya adalah anak dari pembantu rumah tangga keluarga Jin Hyuk, dia diajak tinggal bersama untuk menemani Jin Hyuk. Dan sebagai rasa terima kasih, Soo Young selalu setia menemani Jin Hyuk kapanpun dimanapun, menjadi semacam bodyguard, karena menurutnya Jin Hyuk butuh bantuannya walaupun kenyataan malah sebaliknya. Akhirnya Soo Yeong dijadikan pegawai tambahan di Antique walaupun Ki Beom tidak setuju karena menurutnya Soo Yeong ceroboh dan tidak bisa melakukan pekerjaan apapun. Dan Soo Yeong pun sukses membuat marah Ki Beom setiap saat.

Belakangan diketahui jika Jin Hyuk sering mengalami mimpi buruk. Mimpi tentang seorang anak kecil yang berlari dengan tangan dan bajunya berlumuran darah. Anak kecil itu sebenarnya Jin Hyuk sendiri. Saat kecil Jin Hyuk pernah diculik dan disekap selama 60 hari, tapi dia tidak ingat wajah penculiknya, hal yang diingatnya adalah dia selalu diberikan cake manis dan berhasil kabur setelah melukai penculiknya. Pengalaman buruk masa kecil inilah yang membuat Jin Hyuk membenci cake manis dan selalu dihantui mimpi tentang penculikan itu, bahkan mengganti nama yang awalnya Kim Min Jun menjadi Kim Jin Hyuk. Juga menjadi tujuan Jin Hyuk untuk membuka Antique, yaitu mengetahui siapa sosok penculiknya. Sementara itu, saat ini sedang marak pemberitaan tentang kasus penculikan anak yang korbannya selalu ditemukan dalam keadaan tewas, dan itu menjadi pusat perhatian Jin Hyuk, I know you know why.

Nama cake shop Antique milik Jin Hyuk semakin terkenal dikalangan pelanggannya. Namun di saat ketenarannya itu muncul pria bernama Jean Babtiste Evan. Dia adalah seorang patissier terkenal asal Perancis, dia juga merupakan mentor sekaligus mantan boyfriend Sun Woo saat di Perancis. Dia datang ke Korea untuk menghadiri suatu Hotel fair sekaligus bertemu dengan Sun Woo. Dia meminta Sun Woo kembali kepadanya dan menjadi patissier di Ritz, cake shop baru milik Jean Babtiste di perancis. Permintaan Jean Babtiste itu menjadi dilema bagi Sun Woo, Jin Hyuk, dan Ki Beom. Sun Woo yang telah nyaman bekerja di sisi Jin Hyuk namun dia juga ingin bayaran yang lebih tinggi di Ritz bersama Jean Babtiste, Jin Hyuk yang tidak ingin kehilangan patissier-nya tapi tidak bisa memaksa Sun Woo untuk tetap tinggal, dan Ki Beom yang tidak ingin Sun Woo pergi karena dia tidak hanya menganggap Sun Woo sebagai mentor/master tapi sudah seperti ayah (?) baginya. Ki Beom bahkan sempat meminta Jin Hyuk untuk tidur (?) dengan Sun Woo agar sang master tidak pergi. Akhirnya Sun Woo memutuskan untuk tetap di Antique setelah diselamatkan oleh Jin Hyuk dan Soo Yeong dari Jean Babtiste yang akan melukai tangan Sun Woo karena Sun Woo menolak ke Perancis. Tebak siapa yang paling bahagia? Yap, pastinya Ki Beom.

Back to the kidnapping case, pihak kepolisian datang ke Antique untuk meminta bantuan. Mereka mencurigai pelaku penculikan anak tersebut sering membeli cake di Antique, karena tim forensik menemukan potongan-potongan cake pada jasat korban penculikan. Then, dimulailah proses pengintaian di Antique, kamera pengintai dipasang di seluruh sudut ruangan serta halaman dan tim polisi memantau dari kamar Ki Beom, sementara staf Antique bekerja seperti biasa.

Pengintaian dilakukan dari waktu buka hingga tutup, tapi tidak ada pegunjung yang mencurigakan. Sampai dengan pelanggan wanita terakhir yang setelah transaksi merasa pusing sehingga Jin Hyuk menawari untuk mengantarkannya pulang. Sampai di rumah si wanita, Jin Hyuk mendengar teriakan anak kecil dari dalam rumah, yang membuat Jin Hyuk curiga dan langsung masuk ke dalam rumah. Di sana, di salah satu kamar, Jin Hyuk mendapati seorang anak yang minta diselamatkan dan seorang pria yang menyekap si anak. Seketika Jin Hyuk disergap bayangan masa lalunya, gambaran penculikan yang dialaminya melintas dengan jelas di depan matanya. Setelah sadar, jin Hyuk mendapati dirinya telah menghajar si penculik hingga babak belur, he is a hero now. Kemudian dari keterangan pihak kepolisian, Jin Hyuk mengetahui jika si penculik adalah seorang psycho yang korbannya adalah anak kecil yang diberi cake, lantas korban dibunuh setelahnya. Dan si wanita adalah ibu penculik yang membeli cake di Antique karena diancam oleh sang anak.

Setelah kejadian itu semuanya kembali normal, walaupun Jin Hyuk tidak pernah ingat wajah penculiknya. Soo Yeong memutuskan untuk tidak lagi tinggal dengan Jin Hyuk, walaupun masih sering menelepon dan bertanya keadaan Jin Hyuk. Ki Beom diundang ke Perancis oleh Jean Babtiste untuk menghadiri sebuah Atelier, tapi karena Jin Hyuk tidak setuju maka tidak jadi. Sun Woo? Yap, He’s still a gay of demonic charm. Jin Hyuk? Dia tetap gagal untuk punya pacar.

Kenapa Jin Hyuk tidak pacaran dengan Sun Woo saja???

END

Akhirnya selesai juga review gak jelas ini. Sebenarnya ini salah satu film yang membingungkan untuk direview karena ceritanya yang kompleks (menurutku), tapi karena menarik I dared to push myself for making this review.

Film ini adalah salah satu Korean movie favoritku sekaligus menyebalkan, but it addict me. Kenapa? Karena sepanjang film diputar, kelenjar saliva-ku bekerja sangat produktif, it’s because all the cakes look very… umm GOOD. Semua scene-nya menarik, tidak ada yang membosankan. Komedinya gak garing, lucu dan benar-benar menghibur. Dan semua pemeran utamanya good looking tentunya. Dan banyak scene dengan bahasa Perancis, karena menurutku bahasa Perancis itu terdengar sexy.

Kalau boleh dibandingkan dengan versi TV drama dan anime, Versi Live action movie inilah yang ceritanya paling mendekati versi manga.

Ada yang suka peran Joo Ji Hoon sebagai pangeran Shin di Goong/Princess Hours? Disini dia kelihatan lebih matang dan dewasa. Akting Kim Jae Wook sebagai Sun Woo the gay of demonic charm juga sangat meyakinkan, kayak beneran gay, atau mungkin juga beneran kali ya #plak.. tapi tokoh favoritku adalah Yoo Ah In yang jadi Ki Beom, mukanya yang innocent itu loh..

So, buat yang suka Korean movie, ini recommended. Yang suka dengan genre komedi, ini recommended. Yang suka film dengan tema BL, ini recommended. Yang suka kue, ini sangat recommended. Yang gak suka akhir cerita yang nyesek, ini juga sangat recommended.

And finally, kalimat favorit di film ini,,

Jin Hyuk “Kenapa banyak orang menyukai kue yang rasanya manis?, ah aku sendiri tidak tau pasti jawabannya….. tapi aku berpikir mereka yang menikmati kue manis pasti bisa menikmati pahitnya kehidupan dengan rasa yang lebih manis”

Kamsahamnida Yeorobun!!!

P.S.

Mbak Afni, satu lagi janjiku padamu ditunaikan walaupun jadinya mengenaskan😥. Maafkan aku juga karena gak bisa nulis resep cake-nya, you know why. Tapi aku dan panda kesayanganku akan setia menunggu kalo mbak Afni bersedia membuatkan dan mengirimkan cake ke kost kami, cukup satu saja yang namanya ‘Gateau au Opera’ #plakk😛

Oh ya mbak, tolong sembunyikan aku dari Nayaka Al Gibran. Soalnya dia mau menghajarku… >_<

Peace Nay, aku bercanda V(^_^)