Crazy Little Thing Called Love a.k.a First Love adalah Thai movie bergenre romantic comedy, ceritanya teenager sekali, duh… jadi inget jaman puber dulu, kekeke..  Ceritanya sebenernya juga cukup klise. Si gadis buruk rupa yang naksir hi-school idol boy… The girl is nothing, but the boy is everything.

Nam, adalah seorang cewek SMA yang naksir abis sama Shon, seniornya di sekolah. Shon adalah tipikal cowo yang digilai cewe-cewe di sekolah. Cakep, seorang football player, hobi fotografi, baik hati dan ramah. Penampilan Nam yang jauh dari cantik membuat dia nggak cukup qualified buat jadi cewe Shon dibanding cewe-cewe lain di sekolahnya. Tapi itu nggak membuat Nam kecil hati, perasaannya buat Shon membuat dia lambat laun berubah, bahkan sampai dia jadi cewe yang “di atas standar”. 4 tahun memendam perasaan dan sering bersama, nggak lantas membuat perasaan Nam tersampaikan. Di hari kelulusan, dia baru berani menyampaikan perasaannya pada Shon, sayangnya Shon terlanjur jadian sama Pin, sesama teman senior. Nam patah hati, dia akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri dan tinggal bareng ayahnya disana. Siapa sangka, Shon yang harus pergi untuk melanjutkan karir sepakbolanya, meninggalkan kenang-kenangan yang berarti, sebuah album foto dan catatan tentang Nam. Ternyata selama ini, Shon diam-diam menyukai Nam, bahkan sejak Nam masih menjadi itik buruk rupa… Shon menulis “why our time never matched?” Waktu akhirnya berpihak pada mereka 9 tahun kemudian..

Jalan cerita film ini klise tapi nggak bikin bosen. Saya ngakak terus tiap ngeliat tingkah wali kelasnya Nam. Kalo nggak pernah nonton Thai movie sebelumnya (ah iya, ini adalah Thai movie pertama yang saya tonton), mungkin awalnya agak aneh denger mereka berdialog, semua orang rasanya ngomong pake suara hidung..

Saya suka make-up artist-nya, pemerannya tetep, tapi perubahan dari remaja sampai dewasa keliatan jelas. Hm.. saya suka ceritanya, bener-bener cerita abg seharusnya.. gitu kan? Seharusnya perasaan suka sama seseorang bisa mendatangkan perubahan yang positif, bukan sebaliknya. Ceritanya sangat manis, selama dan setelah nonton film ini, at least pasti senyum-senyum, heheheh…

Ada yang suka Love of Siam? Pemeran cowo di film ini adalah si cakep Mario Maurer.

Love, a little thing that can make a big change..